Belajar Surah Al-Fatihah | The Moslem Times

A. Lafal Surah Al-Fatihah

Surah Al-Fatihah adalah surah yang pertama dalam Al Qur'an. Al-Fatihah artinya pembuka. Surah Al-Fatihah terdiri dari tujuh ayat. Surah Al-Fatihah wajib dibaca ketika salat, sehingga disebut juga assab'ul masani, artinya tujuh ayat  yang diulang-ulang.

Coba kamu baca Surah Al-Fatihah berikut dengan fasih dan tartil !

Belajar Surah Al-Fatihah
Sumber : www.tongkronganislami.net


B. Terjemahan Surah Al-Fatihah

1. Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.
2. Segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam.
3. Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.
4. Pemilik hari Pembalasan.
5. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan.
6. Tunjukilah kami jalan yang lurus.
7. (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.


C. Kandungan Surah Al-Fatihah

Surah Al-Fatihah memiliki nama lain yaitu Ummul Kitab, artinya induknya Al-Qur'an. Isi kandungan di dalam Surah Al-Fatihah meliputi seluruh Al-Qur'an. Kandungan dalam Surah Al-Fatihah dapat diuraikan sebagai berikut :
1. Surah Al-Fatihah diawali dengan kalimat basmalah. Allah SWT mengajarkan kepada hamba-Nya untuk memulai segala aktivitas yang baik dengan menyebut nama-Nya.
2. Ayat 2 disebut kalimat tahmid yang merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. Kita harus bersyukur kepada Allah SWT karena telah dikaruniai banyak kenikmatan.
3. Allah SWT memiliki sifat Maha Pengasih dan Penyayang. Allah swt. telah memberikan kasih-Nya keepada seluruh makhluk hidup di dunia. Allah swt. melimpahkan sifat sayang-Nya kepada hamba yang beriman dan bertakwa kepada-Nya.
4. Allah swt. adalah penguasa pada hari pembalasan di akhirat kelak.
5. Seorang mukmin beribadah dan meminta pertolongan hanya kepada Allah swt.
6. Permohonan agar ditunjuki jalan lurus yang membawa keselamatan di dunia dan akhirat.
7. Jalan lurus seperti orang-orang yang diberi nikmat oleh Allah swt., bukan orang-orang yang dimurkai-Nya dan golongan yang sesat.


D. Menghafal Surah Al-Fatihah

Surah Al-Fatihah sering dibaca dalam salat. Surah Al-Fatihah dibaca pada tiap-tiap rakaat dalam salat. Membaca Surah Al-Fatihah termasuk rukun salat. Salat yang tidak membaca Surah Al-Fatihah maka tidak sah. Setiap umat Islam harus hafal Surah Al-Fatihah agar bisa membacanya setiap salat.

Menghafal Surah Al-Fatihah mudah dilakukan. Kamu dapat menghafalkannya dengan membaca lafal per lafal dalam satu ayat berulang-ulang hingga hafal seluruhnya. Setelah hafal satu ayat, dilanjutkan menghafal ayat-ayat selanjutnya. Hafalkan ayat per ayat hingga hafal seluruh ayatnya.

Artikel Terkait

Belajar Surah Al-Fatihah | The Moslem Times
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email