Memahami Kalimat Tayyibah Ta’awuz - The Moslem Times


A. Mengenal Kalimat Ta’awuz

Kalimat tayyibah adalah kalimat-kalimat yang baik diucapkan. Kalimat tayyibah berisi pujian yang mengagungkan kebesaran Allah swt. Salah satu kalimat tayyibah yang dianjurkan untuk diucapkan adalah kalimat ta’awuz.

Kalimat ta’awuz mengandung maksud untuk memohon perlindungan kepada Allah swt., dan godaan setan dalam setiap perbuatan yang dilakukan. Bacaan kalimat ta’awuz yaitu :

kalimat ta’awuz
Sumber : wasiatgb.blogspot.com

A’uuzubillahi minasysyaitaanirrajiim

Artinya : “Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk.”

Membaca kalimat ta’awuz berarti kita sepenuhnya memohon perlindungan hanya kepada Allah swt. Kita tidak berlindung kepada selain Allah swt., seperti pohon, gunung, atau patung. Kita memohon kepada Allah swt, agar dilindungi dari godaan setan.

Setan merupakan musuh terbesar manusia. Setan selalu berusaha menggoda manusia agar tersesat dari jalan Allah swt. Setan menginginkan umat manusia tersesat dan menjadi pengikutnya di neraka. Oleh karena itu, kita harus selalu berhati-hati dalam amal perbuatan. Kita harus memohon perlindungan kepada Allah swt dari godaan setan.

Perhatikan firman Allah swt dalam Surah Fussilat ayat 36 berikut

Surah Fussilat ayat 36
Sumber : www.indoquran.web.id

Artinya : “Dan jika setan mengganggumu dengan suatu godaan, maka mohonlah perlindungan kepada Allah. Sungguh, Dia-lah Yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui.” (Q.S. Fussilat : 36)


B. Waktu Membaca Kalimat Ta’awuz

Kalimat ta’awuz dianjurkan dibaca pada waktu-waktu tertentu. Membaca kalimat ta’awuz dianjurkan ketika akan melaksanakan ibadah atau perbuatan baik. Berikut beberapa waktu yang dianjurkan untuk membaca kalimat ta’auwz :
1. Ketika mulai membaca Al-Qur’an
2. Sebelum mendirikan salat
3. Ketika melewati tempat-tempat yang menyeramkan, seperti hutan dan rumah kosong
4. Ketika melaksanakan ibadah, agar terhindar dari godaan setan

Artikel Terkait

Memahami Kalimat Tayyibah Ta’awuz - The Moslem Times
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email