Mengenal Asmaul Husna


Asmaul Husna adalah nama – nama Allah swt yang baik dan agung. Asmaul Husna merupakan cerminan sifat-sifat Allah swt. Keagungan sifat-sifat Allah bersifat abadi dan tidak mengenal batas. Asmaul Husna seluruhnya berjumlah 99 nama. Berikut ini dijelaskan beberapa Asmaul Husna, yaitu : Al-Batin, Al-Wali, Al-Mujib dan Al-Jabbar.


Al-Batin

Asmaul Husna Al-Batin artinya yang Maha Gaib. Sifat Allah swt yang Maha Gaib memiliki makna bahwa Allah swt tersembunyi dari hamba-Nya. Tidak ada satu makhluk pun yang dapat melihat wujud Allah swt. Namun, Allah swt mengetahui segala sesuatu yang tersembunyi dari hamba-Nya.

Firman Allah swt dalam Surah Al-An’am ayat 103 :

Surah Al-An’am ayat 103
Sumber : theonlyquran.com

Artinya : “Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan mata, sedang Dia dapat melihat segala penglihatan itu dan Dialah yang Mahahalus, Mahateliti.” (QS. Al-An’am : 103)


Al-Wali

Asmaul Husna Al-Wali artinya Allah Maha Pelindung. Allah swt melindungi semua hamba-Nya, terutama orang-orang yang beriman. Bagi orang yang beriman, tidak ada satu pun yang pantas dijadikan tempat sandaran dan perlindungan kecuali Allah swt.

Perlindungan Allah swt kepada orang-orang beriman tidak hanya bersifat fisik, tetapi Allah swt juga melindungi hati kita dari kesesatan. Dia juga menuntun kita ke jalan yang benar agar terhindar dari godaan setan yang menyesatkan.

Firman Allah swt dalam Surah Al-Baqarah ayat 257 :

Surah Al-Baqarah ayat 257
Sumber : indoquran.web.id

Artinya : “Allah pelindung orang yang beriman. Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan kepada cahaya (iman)........”  (QS. Al-Baqarah : 257)


Al-Mujib

Asmaul Husna Al-Mujib mempunyai arti Allah Maha Memperkenankan (mengabulkan) doa. Allah swt mengabulkan doa dari siapa saja yang meminta kepada-Nya. Setiap doa harus dilakukan dengan sungguh-sungguh, kemudian disertai dengan usaha dan tawakal kepada Allah swt. Apa yang terbaik menurut Allah swt untuk kita, harus kita terima dengan hati ikhlas.

Allah swt berfirman dalam Surah Al-Baqarah ayat 186 :

Surah Al-Baqarah ayat 186
Sumber : sayahafiz.com

Artinya : “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran.” (QS. Al-Baqarah ayat 186)



Al-Jabbar

Asmaul Husna Al-Jabbar artinya Allah Maha Kuasa. Allah swt memiliki kekuasaan terhadap segala sesuatu. Allah swt berkuasa untuk memaksakan kehendak-Nya kepada semua makhluk. Segala sesuatu di alam semesta ini tunduk pada kehendak dan aturan Allah swt.

Bintang, bulan, matahari, bumi dan semua makhluk hidup, baik didarat, laut, maupun di udara semua tunduk pada aturan dan hukum yang telah ditetapkan oleh Allah swt. Tidak ada satu kekuatan pun yang dapat menentang dan mencegah kekuasaan-Nya.

Artikel Terkait

Mengenal Asmaul Husna
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email