Kemuliaan Bulan Ramadan

Gambar : www.republika.co.id

A. Keutamaan Bulan Ramadan

Bulan Ramadan merupakan bulan yang paling mulia. Bulan Ramadan disebut juga syahrun mubarak karena didalamnya terdapat banyak keberkahan.

Pada bulan Ramadan, umat Islam diwajibkan melaksanakan puasa sebulan penuh. Berikut diuraikan beberapa keutamaan bulan Ramadan.

1. Bulan Diturunkannya Al-Qur’an

Bulan Ramadan merupakan syahrul Qur’an (bulan Al-Qur’an) karena Al-Qur’an diturunkan pada bulan Ramadan. Hal ini menjadi bukti nyata atas kemuliaan dan keutamaan bulan Ramadan.

2. Terdapat Lailatul Qadar

Keutamaan bulan Ramadan salah satunya adalah dengan hadirnya malam penuh kemuliaan dan keberkahan, yaitu Lailatul Qadar. Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Pada malam ini, semua amal kebaikan mendapat pahala seperti beribadah selama seribu bulan. Lailatul Qadar biasanya tiba pada malam-malam ganjil di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan.

3. Bulan Penuh Ampunan

Allah swt menjadikan bulan Ramadan sebagai penghapusan seluruh dosa-dosa yang telah lalu apabila melaksanakan puasa dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah swt.

4. Pintu Neraka Ditutup dan Pintu Surga Dibuka

Kemuliaan bulan Ramadan lainnya adalah pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan diikat. Dengan demikian, Allah swt telah memberi kesempatan kepada hamba-Nya untuk masuk surga dengan ibadah dan amal shaleh yang dilakukan pada bulan Ramadan.


B. Amalan Sunah Bulan Ramadan

Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh rahmat, berkah dan magfirah. Setiap kebaikan di bulan Ramadan akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah swt. Oleh karena itu, bulan Ramadan harus diisi dengan amalan-amalan saleh. Berikut uraian beberapa amalan saleh yang dianjurkan dilakukan pada bulan Ramadan.

- Salat Tarawih


Salat Tarawih adalah salat malam yang dikerjakan pada bulan Ramadan. Salat tarawih dikerjakan setelah salat Isya. Salat Tarawih dikerjakan dengan santai karena waktunya yang panjang.

- Salat Witir

Salat Witir merupakan salat sunah penutup, artinya penutup dari salat-salat malam, termasuk salat-salat malam selain bulan Ramadan. Pada bulan Ramadan, salat Witir dikerjakan setelah salat Tarawih. Batas akhir salat Witir adalah sebelum waktu fajar berakhir.

- Tadarus Al-Qur’an

Tadarus Al-Qur’an berarti membaca Al-Qur’an. Bulan Ramadan disebut juga Syahrul Qur’an, artinya bulan diturunkannya Al-Qur’an. Pada bulan Ramadan umat Islam sangat dianjurkan memperbanyak tadarus. Pahala membaca setiap hari huruf AlQur’an pada bulan Ramadon akan dilipatkan sebanyak 10 kebaikan.

- Iktikaf

Iktikaf merupakan berdiam di masjid dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah swt. Hukum iktikaf adalah sunah. Rukun dalam melaksanakan iktikaf, yaitu niat iktikaf dan berdiam dalam masjid sementara waktu. Nabi Muhammad saw membiasakan iktikaf pada malam ke-21 hingga akhir Ramadan.

- Infak dan Sedekah

Pada bulan Ramadan dianjurkann memperbanyak sedekah dan infak. Ramadan adalah bulan yang paling baik untuk mendapatkan pahala, rahmat dan  berkah dari Allah swt. Orang yang memberikan sedekah dan infak semata-mata karena Allah swt akan mendapatkan pahala kepada mereka.

Artikel Terkait

Kemuliaan Bulan Ramadan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email